Standar Komunikasi

Assalam mu'alaikum wr.wb



           Di blog kali ini saya akan menjabarkan tentang standar komunikasi. Standar komunikasi berfungsi sebagai acuan bagi siapa saja yang akan merancang perangkat keras, perangkat lunak dan protokol komunikasi data.Terdapat dua macam model standar yang dipakai secara luas untuk komunikasi data pada saat ini, yaitu model Open System Interconnection (OSI) dan model TCP/IP yang telah menjadi standar defacto Internet. Mari kita urai satu-persatu. Pertama-tama kita akan membahas tentang OSI terlebih dahulu.


- Open System Interconnection(OSI) 




   Model OSI adalah model atau acuan arsitektural utama untuk network yang men deskripsikan bagaimana data dan informasi network dikomunikasikan dari sebuah aplikasi computer ke aplikasi komputer lain melalui sebuah media transmisi. 
   Model OSI ditetapkan oleh sebuah badan standar internasional yang bernama International Standards Organization (ISO) pada tahun 1947. 

Berikut susunan model OSI dari bawah berdasarkan fungsinya:


1. Physical



Lapisan ini  bertanggung jawab untuk membawa bit-bit data melalui media tranmisi. Karena itu physical layer bertanggung jawab menentukan spesifikasi perangkat keras.
2. Data Link

Datalink layer hanya bertanggung jawab untuk menghantar frame dalam satu hop saja. 

3. Network

Network layer bertanggung jawab untuk pengiriman paket data dari alamat sumber ke alamat tujuan. Termasuk di dalamnya adalah mengatur rute perjalanan masing-masing paket melintasi jaringan komunikasi. Proses ini dikenal dengan nama routing. Network layer memperlakukan setiap paket secara terpisah.

4. Transport 

Pesan (message) yang diterima oleh tranport layer akan dipecah-pecah ke dalam segmensegmen kecil dengan ukuran sesuai dengan yang disyaratkan oleh protokol.


5. Session

Tugas dari lapis ini adalah melakukan proses sinkronisasi pengiriman dan penerimaan data agar tidak terjadi kesalahan pembacaan data di sisi penerima.
6. Presentation

 Fungsi Layer Presentasi:Type data, enkripsi, visual o Bagaimana data di images, dan lain-lain presentasikan.Contoh : JPEG, GIF, ASCII,EBCDIC 
7. Application

Fungsi Layer Presentation : Interface antara jaringan dan s/w aplikasI
Contoh : HTTP,FTP,WWW,Telnet,Mengkomunikasikan service ke aplikasi,Interface antara jaringan dengan aplikasi software.

Keuntungan menggunakan OSI layer : 
- Memecahkan operasional sistem jaringan yang kompleks agar mudah di pelihara. 
- Perubahan setiap lapisan tidak mengubah lapisan yang lain. ini memudahkan produsen berkonsentrasi pada lapisan tertentu saja. 
- Memudahkan pengembangan perangkat keras "plug and play" ( istilah tekhnologi informasi yang mengacu kepada fitur di komputer yang memperboleh kan suatu 

perangkat di tambahkan ke sistem komputer tanpa harus menginstal ulang divice driver secara manual.) 
- Membagi tugas tugas di setiap layer nya. 
- Dapat di jadikan bahan pertimbangan trobleshooting ( merupakn pencarian sumber masalah sehingga masalah dapat di selesaikan ) 

Kerugian menggunakan OSI layer : 
- Lapisan OSI bersifat teoritis dan tidak benar benar bekerja pada fungsi yang sebenarnya. 
- Implementasi  dalam dunia industri jarang memiliki hubungan yang sama persis dengan lapisan pada osi layer. 
- Protokol yang berbeda dalam stack melakukan fungsi yang berbeda yang membantu mengirim atau menerima pesan keseluruhan. 
- Perubahan satu protocol tidak bersifat menyeluruh ke semua bagian. 

- TCP/IP
  TCP/IP hampir serupa dengan OSI perbedaannya terletak pada layer dimana OSI mempunyai 7 lapisan layer sedangkan TCP/IP hanya memiliki 4 lapisan layer, dimana 3 layer yang terdapat pada OSI yaitu application,presentation,dan session digabung menjadi 1 layer yaitu layer application begitupula layer datalink dan physical digabung menjadi 1 layer yaitu layer network access pada TCP/IP.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setting DHCP Server Pada Debian 9

Fitur-Fitur OpenKM

Install dan Konfigurasi Trixbox Sebagai VOIP Server